Jumat, 22 Juli 2016

Bahti

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Bekas


Pastinya setiap orang ingin pergi bersama kerabat atau keluarganya, tak heran jika setiap keluarga ingin memiliki mobil supaya bisa bepergian bersama-sama. Namun, harga yang tinggi terkadang membuat kita mengurungkan niat untuk membeli mobil yang baru, dan akhirnya muncul opsi lain yaitu membeli mobil seken atau bekas. Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mobil bekas supaya kita tidak tertipu dan kualitas yang ditawarkan bagus. Berikut yang harus diperhatikan jika Anda ingin membeli mobil bekas.

1. Test Drive

Ini pastinya yang harus dilakukan sebelum membeli mobil bekas. Membawanya keliling daerah sekitar dan jalanan yang menanjak, ini dilakukan untuk mengetahui kondisi mesin mobil. Anda bisa mengetahui kondisi sistem steering dan braking, dengan melewati tanjakan Anda juga bisa mengetahui mesin yang masih mulus atau tidak.

2. Penampilan Luar dan Dalam

Penampilan memang selalu menjadi hal yang utama. Dari penampilan, kita bisa mengetahui bagaimana mobil tersebut digunakan sebelumnya. Bukalah penutup mesin dan periksa bagaimana keadaan mesin dalam mobil tersebut. Spare part yang sangat kotor bisa saja menjadi masalah untuk pemakaian selanjutnya.

3. Tes Kebocoran

Mobil yang mengalami kebocoran sebaiknya jangan dipilih, dan ini menjadi sesuatu yang kadang diabaikan. Disaat Anda melakukan test drive, berhenti sejenak di pinggir jalan dan periksa apakah ada tetesan yang tertinggal di sepanjang jalan anda lewati.

4. Cari Review Dari Konsumen Lain

Mungkin terkesan sepele, namun ini bisa menjadi saran yang tepat. Anda bisa melihat review dari konsumen lain. Bahkan kalau perlu, anda juga bisa mereview produsen untuk masalah spesifikasi mesin untuk menyelidiki kemungkinan cacat yang terjadi dan masalah umum lainnya.

5. Selidiki Harga

Untuk menghindari penipuan, cobalah Anda cari tahu harga standar model yang anda cari di internet, atau dari orang lain. Kondisi fisik dan jarak tempuh akan memengaruhi harga, namun hal ini setidaknya bisa membuat anda bisa mempertimbangkan harga yang cocok untuk mobil yang anda ingin.

6. Pemeriksaan Montir

Memeriksakan kepada montir merupakan langkah yang tepat untuk memeriksa keadaan tersembunyi dalam mesin, dan juga bisa memberikan pertimbangan harga jual mobil.

7. Persuratan Kendaraan

Dari hal ini, setidaknya kita bisa mengetahui kendaraan yang kita beli bukanlah hasil kejahatan dan aman untuk kita beli.

8. Dekode VIN Dari Mobil

Vehicle Identification Number merupakan identitas dari mobil tersebut. Perlu kita dekode VIN dari mobil yang kita beli, supaya kita tahu bahwa kendaraan yang akan kita beli bukan merupakan mobil curian atau mencurigakan. Kita bisa mendekode VIN di internet dengan mudah dan gratis.

9. Tidak Perlu Terburu-Buru

Terburu-buru bisa menjadikan salah langkah, santai saja. Anda perlu mereview kembali berbagai kondisi yang sudah anda tahu dan kalau bisa bernegosiasilah dengan dealer untuk mencapai harga terbaik.

Dengan langkah ini, Anda setidaknya bisa lebih berhati-hati dalam mencari mobil bekas yang terbaik untuk anda. Hal diatas hanyalah acuan supaya Anda tidak kecewa dalam membuat langkah untuk membeli mobil yang Anda inginkan.




ADVERTISEMENT
Bahti

About Bahti

Hanya ingin nge-Blog, tak ada maksud lain.

Subscribe to this Blog via Email :