Minggu, 31 Juli 2016

Bahti

Ubin Pengingat Bagi Para Generasi Menunduk



Smartphone sudah sangat mendunia sekarang, hampir setiap orang memiliki smartphone. Karena itulah kecanduan smartphone semakin menjadi di kalangan masyarakat. Akibatnya, banyak kecelakaan yang menimpa pengguna smartphone karena terlalu memerhatikan gadgetnya saat berjalan dan menyebrang.

Buro North, perusahaan bidang desain dari Australia, mempunyasi solusi untuk masalah serius tersebut. Mereka membuat konsep ubin yang bisa menyala layaknya lampu lalu lintas. Konsep tersebut dinamakan Smart Tactile Paving.

Cara kerjanya sama seperti lampu penyebrangan lalu lintas, bisa menyala merah, kuning, dan hijau. Hanya saja karena ini berbentuk ubin, maka letaknya ada di bawah. Hal ini dirancang supaya para pejalan kaki yang sedang melihat gadget mereka biasanya akan memandang ke bawah, bisa melihat peringatan dari ubin tersebut.



“When the Pokémon craze hit Melbourne, the number of people wandering across the road looking at their phones was pretty startling,” the firm’s director, Soren Luckins said. “The pedestrian crossing lights that are so prevalent throughout the world are designed for a community looking ahead of them, not down at a phone.”

Proyek ini masih berupa konsep saja. Walaupun begitu, negara Jerman ternyata sudah menggunakan konsep tersebut lebih dulu dan sudah diterapkan di Kota Munich - Augsburg pada awal tahun ini.

ADVERTISEMENT
Bahti

About Bahti

Hanya ingin nge-Blog, tak ada maksud lain.

Subscribe to this Blog via Email :